Cara Memperbaiki Laptop/Notebook

Gambar

Cara Memperbaiki Laptop/Notebook

 

Pernahkah laptop atau notebook anda tidak bisa dipergunakan sama sekali? Pertanyaan ini menjadi pembuka bagi saya untuk menyapa pembaca dalam artikel ini. Dari judul yang saya berikan diatas, mungkin anda berpikiran bahwa saya adalah seorang IT ataupun yang bekerja sebagai tukang service laptop atau notebook. Tetapi itu salah. Saya adalah seorang yang sedang menjalani kuliah dalam bidang filsafat. Pertanyaannya adalah apa hubungan filsafat dengan perbincangan mengenai tukang servis laptop? Tentu tidak ada. Saya membagikan cara memperbaiki laptop atau notebook ini berdasarkan dari pengalaman saya sehari-hari. Saya tidak terlalu buru-buru untuk mennyerahkan segala persoalan kerusakan laptop saya ke tukang service. Tetapi sedikit mungkin, saya mencoba terlebih dahulu. Dibawah ini saya akan memberikan dua masalah yang sering saya hadapi dalam laptop saya selama ini dan saya perbaiki sendiri. Mungkin juga anda pernah mengalami hal yang demikian.

1 Laptop atau notebook sama sekali tidak bisa digunakan

2 Bateray tidak berguna dengan tanda lampu merah di laptop

 

Solusinya adalah:

 

1 Laptop atau notebook sama sekali tidak bisa digunakan

Laptop sama sekali tidak bisa menyala ataupun di masuki arus listrik. Sehingga pekerjaan anda terhambat. Jangan salahkan chargernya dan juga laptopnya yang sering kita ucapkan laptop murahan ataupun lainnya. Mungkin anda jengkel dan putus asa. Jangan terlalu buru-buru untuk membawanya ke tukang service yang membebani anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk menggantikan jasa service. Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah

a. Buka terlebih dahulu hardisk laptop anda tepat dibagian bawah dalam tubuh laptop anda. Lihat dan periksalah mungkin kotor atau juga jamuran.

b. Bersihkanlah bagian hardisk yang kotor ataupun jamuran tersebut dengan kuas kecil dengan pelan-pelan dan hati-hat sampai benar-benar bersihi. Jangan sekali-kali menggunakan media air ataupun lainnya. Cukup dengan kuas kecil.

c. Setelah selesai, kembalikan hardisk laptop anda dan tutup kembali dengan baik

d. Bagian selanjutnya yang anda harus bersihkan adalah bagian RAM yang juga berada di bawah dalam bagian tubuh laptop anda. Lakukan sama halnya dengan cara membersihkan hardisk laptop anda sebelumnya.

e. Setelah itu nyalakan laptop anda dan selamat bekerja

2. Bateray tidak berdaya dengan tanda lampu merah di laptop

Bateray tidak berdaya dengan tanda lampu merah di laptop. Sehingga anda sangat ketergantungan pada arus listrik karena bateray laptop anda tidak bisa mnyimpan daya. Jangan terlalu mudah mengatakan bahwa bateray laptop anda rusak ataupun soak. Langkah yang anda harus lakukan adalah :

a. Periksa charger anda. Apakah cocok atau tidak?. Cocok bukan berarti charger yang anda pakai bisa memberi daya pada bateray laptop anda. Tetapi yang lebih penting adalah apakah charger itu sesuai dengan bawaan dari laptop anda ataupun sesuai dengan merk atau jenis laptop anda. Jika memang charger itu sudah tidak originalnya. Sebab charger yang tidak sesuai dengan jenis laptop yang kita gunakan, walaupun itu bisa memberi daya pada bateray laptop anda, pelan-pelan bateray anda akan rusak. sama halnya dengan bateray HP.

b. Setelah anda periksa charger anda dengan baik dan tyernyata sesuai dengan jenis laptopnya, langkah kedua adalah periksa bateray laptop anda dengan baik. Apakah posisi laptop anda benar atau tidak? Posisi yang tidak benar adalah biasanya bateray laptop anda longgar. Sehingga perlu di posisikan dengan baik.

c. Setelah itu bersihakan juga bateray anda dari debu-debu yang masuk kedalam bagian komponen bateray anda. Cara pembersihannya adalah sama halnya dengan cara membersihkan hardisk yang telah saya uraikan diatas.

 

Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. Cara inilah yang saya gunakan selama ini, sehingga saya sampai saat ini belum pernah membuang uang untuk jasa service yang mahal hanya karena masalah kecil yang sebenarnya bisa kita atasi sendiri.

Tinggalkan Balasan

